Rabu, 29 Februari 2012

MANFAAT TEBU

Manfaat tebu sungguh banyak sekali, jenis tumbuhan yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita.
Manfaat tebu selain diperah airnya dijadikan minuman segar seperti yang sering kita jumpai , juga sangat bermanfaat bagi orang yang mengalami masalah kesehatan. Barangkali juga ada diantara kita yang belum mengetahui apa saja sebenarnya manfaat tebu yang bisa kita dapat. Tebu yang dalam bahasa latin disebut (Sacharum officinarum) adalah termasuk keluarga Graminae atau jenis rumput-rumputan yang tumbuh dan berkembang biak di daerah yang memiliki suhu atau beriklim udara sedang sampai panas. Tebu sangat ideal tumbuh pada daerah yang mempunyai ketinggian tanah 1 sampai 1300 meter di atas permukaan laut.
Di Indonesia tebu tumbuh diseluruh daerah nusantara, bisa dipastikan dilingkungan tempat tinggal kita sering kita jumpai tanaman tebu, baik dalam skala kecil yang ditanam di halaman rumah sampai pada skala besar ditanam untuk kebutuhan industri. Selain sebagai bahan baku dalam pembuatan gula, tebu juga banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang sebagai obat.

Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang apa saja manfaat tebu bisa kita baca seperti uraian dibawah ini:
- Manfaat tebu sebagai bahan baku pembuatan gula. Dalam proses pembuatan gula, batang tebu yang sudah tua dipanen terlebih dahulu. Kemudian batang tebu tersebut dikumpulkan lalu dimasukan kedalam mesin pemeras atau mesin pres. Setelah itu akan keluar air perasan yang disebut nira, lalu air nira tersebut dimasukan kedalam mesin penyaring terus selanjutnya dimasak, kemudian diputihkan dan jadilah gula putih seperti yang sering kita konsumsi.
- Manfaat tebu dalam industri khususnya, daun tebu dan ampas batang tebu digunakan sebagai bahan bakar untuk mesin boiler dan uap yang ditimbulkan bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dan proses produksi. Daun tebu yang sudah tidak ada kadar airnya dan menjadi kering dalam istilah bahasa jawa disebut dadhok, adalah merupakan biomassa yang mempunyai nilai kalori cukup tinggi. Orang-orang di pedesaan sering memakainya sebagai bahan bakar untuk memasak. Bahan bakar ini juga cepat panas sehingga dapat menghemat penggunaan minyak tanah yang harganya semakin mahal.
- Manfaat tebu untuk membuat vetsin (mononatrium glutamat), sebagian besar orang menyebutnya dengan istilah monosodium glutamat; disingkat MSG. MSG adalah merupakan jenis garam natrium dari asam glutamat yang berfungsi sebagai penyedap rasa. Satu ion hidrogen (dari gugus —OH yang berikatan dengan atom C-alfa) digantikan oleh ion natrium. Jenis produksi atau merek dagang dari mononatrium glutamat yang cukup terkenal adalah Ajinomoto, vetsin, miwon, sasa dan accent.
- Manfaat tebu yang lain adalah dikomsumsi secara langsung tanpa pengolahan dengan cara diperah airnya dan langsung dapat diminum.
- Manfaat tebu bagi orang India, kebanyakan orang India mengkonsumsi ekstrak sari tebu dengan menambahkan jeruk nipis dan garam, itu dimaksudkan untuk memberika kekuatan gigi dan gusi.
- Manfaat tebu untuk kesehatan, sebagian orang air tebu dapat dimanfaatkan sebagai penyembuh sakit pada tenggorokan dan mencegah timbulnya penyakit flu serta bisa menjaga badan kita tetap sehat. Bagi orang yang menderita diabetes bisa dimanfaatkan sebagai pemanis karena air tebu memiliki kadar gula yang rendah. Selain itu air tebu bersifat alkali, sehingga dapat membantu dalam memerangi penyakit kanker seperti kanker payudara dan prostat.
- Manfaat tebu yang lain, mengkomsumsi air tebu secara teratur juga dapat membantu metabolisme tubuh kita dari kekurangan cairan, karena tingginya aktifitas atau kegiatan yang sudah dilakukan sehingga dapat terhindar dari penyakit stroke. Air tebu juga memiliki kandungan karbonhidrat yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung, mata, ginjal dan otak. Air tebu juga membantu mengobati penderita penyakit kuning karena memberikan kekuatan pada hati (liver) yang menjadi lemah saat menderita penyakit kuning. Membantu memperlancar aliran air kencing, dan juga menyehatkan ginjal.
- Dalam Air tebu juga terdapat kandungan vitamin B2 (riboflavin) yang sangat baik untuk anti diabetes, meredakan demam panas tinggi , menyembuhkan sakit pegal linu, meredakan batuk, mengatasi kerusakan pada gigi, membantu pemulihan pencernaan, juga jantung yang sering berdebar.


0 komentar:

Posting Komentar