Rabu, 26 Januari 2011

IKAN SELAR BETONG

Selar bentong (Selar crumenophthalmus) adalah ikan laut yang hidup bergerombol diperairan pantai sampai kedalaman 80 m.

Panjang ikan ini dapat mencapai panjang 30 cm, umumnya 20 cm. Termasuk ikan pelagis kecil, ikan buas, penangkapan dengan pancing, bubu, jaring klotok, payang dan sejenisnya, purse seine, pukat banting, pukat selar, termasuk ikan buas,makanannya ikan-ikan kecil, krustasea, dipasarkan dalam bentuk segar, asin-kering, asin-rebus, harga sedang. Daerah penyebaran; perairan pantai seluruh Indonesia, Teluk Benggala, Teluk Siam, sepanjang pantai Laut Cina Selatan, Philipina, perairan tropis Australia.
Ikan Selar (Caranx), tergolong pada keluarga Carangidae. Tubuh ikan-ikan dari keluarga ini bentuknya ada yang sedikit gepeng, ada yang lonjong, dan ada juga yang tinggi. Pangkal ekor kecil, bentuknya bulat panjang. Biasanya mempunyai sisik-sisik kecil-tipis dari jenis sikloid, atau ada juga yang tidak bersisik.
Ikan Selar di Indonesia, namanya sekali macamnya, di antar lain misalnya : Selar-tetengek (Caranx rottleri), Selar-batang (Caranx kalla), Selar-ubur-ubur (Caranx malam), Selar-como (Caranx mate), Selar-beton (Caranx crumenophthalmus), Selar-Kuning (Caranx leptolepis).


0 komentar:

Posting Komentar