Minggu, 05 Februari 2012

MANFAAT BUNGA PUKUL 8

Tanaman herbal Bunga pukul delapan banyak ditemukan tumbuh liar di tanah terlantar, tepi saluran air, dan umumnya tumbuh berkelompok,
Tumbuhan obat yang berasal dari Hindia Barat ini tumbuh tegak dengan akar pena yang panjangnya 0,3-0,8 meter. tanaman obat ini berdaun tunggal, bentuk bulat telur elips, pangkal berbentuk baji, ujung runcing dengan tepi bergerigi kasar, tulang daun menyirip, mempunyai kelenjar.

Tumbuhan herbal panjang 2-7 cm lebar 1-4 cm. Bunga mekar sekitar pukul 8 pagi dan layu sekitar pukul 12 siang. Mahkota bunga berbentuk bulat telur sungsang, pangkalnya cokelat, kuning muda di atasnya,Buah berbentuk telur lebar biji lebih dari 30. Perbanyakan dengan biji.

Untuk diminum
Rebus daun atau akar segarnya 15 gram, saring,minum airnya.

Untuk obat luar
tumbuk daun segar secukupnya, tambahkan kapur sirih (secukupnya), lalu aduk rata. Tempelkan pada bisul atau bagian tubuh yang bengkak dan memar, lalu balut.

Rasanya pahit, pedas,hangat,khasiat tonik, melancarkan aliran darah. Rematik sendi disertai bengkak, bengkak memar

penggunaan : Cuci akar segar bunga pukul delapan,potong seperlunya,Rebus dengan 3 gelas air sampai sisa 1 gelas,saring,minum sehari 2 kali, masing-masing setengah gelas.

Catatan
Bunga pukul delapan 1 marga dengan damiana (Turnera diffusa), herbal yang berkhasiat mengatasi pembengkakan prostat (hipertrofi prostat) dan gangguan disfungsi ereksi.


0 komentar:

Posting Komentar