Senin, 31 Januari 2011

MANFAAT IKAN BAWAL

Ikan bawal tawar merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Ikan jenis ini termasuk yang banyak dibudidayakan di Indonesia.
Selain relatif tidak terlalu rumit budidayanya, ikan bawal tawar termasuk ikan yang tahan banting.
Usaha pembesaran ikan bawal tawar dilakukan dengan tujuan utama untuk memperoleh ikan konsumsi dengan ukuran yang disukai oleh para penikmat ikan.

MANFAAT EKONOMI
Ikan bawal tawar banyak diminati sebagai ikan konsumsi dan ikan budidaya dikarenakan memiliki berbagai macam kelebihan, diantaranya adalah cita rasa dagingnya yang menyerupai gurami serta mempunyai daya tahan tinggi terhadap kondisi lingkungan hidup yang kurang baik.
1. Penyediaan lapangan kerja, bukan hanya  bagi petani ikan, tetapi juga pihak-pihak lain yang terkait dengan usaha budidaya ini, seperti pedagang ikan, buruh, usaha pengangkutan dan lain-lain.
2. Sumber  pendapatan keluarga bagi pembudidaya dan pihak-pihak lain yang terkait dengan usaha budidaya ikan.
3. Meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDRB) Pemerintah Daerah setempat baik melalui peningkatan volume produksi dan atau perluasan pasar.
4. Sumber penerimaan devisa negara melalui penjualan ikan bawal  baik dalam bentuk utuh beku, fillet segar, atau fillet beku ke pasar luar negeri (ekspor).
5. Usaha ini juga memiliki kaitan ke hulu (backward linkage)  yaitu, budidaya pembenihan ikan bawal. Disamping itu juga memiliki kaitan ke hilir (forward linkage) seperti pada usaha perdagangan ikan, jasa pengangkutan, rumah makan, jasa rekreasi peman-cingan, pengolahan fillet ikan, dan sebagainya.
6. Usaha budidaya pembesaran ikan bawal memberikan dampak positif terhadap kehidupan ekonomi masyarakat setempat dalam bentuk penyediaan lapangan kerja dan atau sebagai sumber pendapatan baik bagi pembudidaya ikan nila maupun pelaku usaha yang terkait dengan usaha budidaya ini.

MANFAAT SOSIAL
1. Membuka lapangan kerja baru
Dalam usaha budidaya ikan yang saya bangun ini masyarakat sekitar bisa juga bisa dijual pakan sesuai kriteria usaha kita yaitu dengan penjual dan juga kami melakukan perekrutan karyawan. Maka secara langsung kami juga membuka lapangan kerja bagi masyarakat
2. Meningkatkan mutu hidup
Sudah tentu, dengan usaha yang kita bangun ini secara langsung turut serta mengurangi angka pengangguran di indonesia khususnya di Sleman yang merupakan salah satu tujuan bersama
3. Pengaruh positif
Banyak sekali pengaruh positif dari usaha kami. Selain mengurangi pengangguran secara tidak langsung dapat mempengaruhi gaya hidup masyrakat sekitar yang identik mewah menjadi sederhana setelah merasakan rasa dan manfaatnya. 



0 komentar:

Posting Komentar