Selasa, 20 September 2011

RESEP MEMBUAT LEMPER

Lemper adalah sebangsa panganan yang terbuat dari ketan dan biasanya berisi abon atau suwiran daging ayam, dan terbungkus oleh daun pisang. Penganan ini terkenal di seluruh Indonesia sebagai pengganjal perut sebelum memasuki tahap makan besar. Pembuatan lemper mencakup persiapan daging ayam dan mengetim ketan (bisa dengan santan). Selanjutnya, daging ayam yang sudah disuwir dibungkus dengan ketan, lalu ketan ini dibungkus lagi dengan daun pisang, selanjutnya dikukus.
Bahan :
Ketan :
250 gram ketan
250 cc santan kental
2 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan
1/2 sdt garam

Isi :
1 dada ayam rebus, suwir-suwir
1 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
200 cc santan
1 sdm air asam jawa
2 sdm minyak goreng

Haluskan :
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri, sangrai
1 sdm ketumbar, sangrai
1 sdt jinten sangrai
1 sdm gula pasir

Cara Membuat :
1. Rendam ketan selama 2 jam, cuci bersih dan tiriskan. Kemudian kukus selama 15 menit, angkat. Rebus santan bersama daun salam, serai, dan garam, masukkan ketan yang telah dikukus dan aroni hingga seluruh santan terserap oleh ketan, angkat. Kukus ketan hingga matang, angkat.
2. Isi : Panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum, masukkan santan ayam, salam, dan daun jeruk, masak hingga matang dan santan habis, angkat.
3. Siapkan cetakan lemper, olesi dengan minyak atau olesi dengan selembar plastik bersih, tuangkan setengah bagian ketan, ratakan. Tuangkan isian, ratakan dan tutup dengan setengah sisa ketan, ratakan dan padatkan. Angkat.
4. Ambil selembar daun pisang dengan ukuran sesuai dengan potongan lemper, bungkus dan sajikan.

0 komentar:

Posting Komentar