Rabu, 02 November 2011

Hidup Hemat Energi Dimulai Dari Lampu Hemat Energi

Tahukah Anda bahwa gaya hidup hemat energi ternyata dapat dimulai dari hal yang paling sederhana yaitu memilih menggunakan Lampu Hemat Energi (LHE) untuk hunian Anda. Mengubah pola kebiasaan buruk saat berada di rumah memang susah – susah gampang, mulai dari membiasakan memadamkan lampu yang tidak terpakai, mematikan televisi dan air yang tidak sedang digunakan.
Berikut ini beberapa alasan penggunaan LHE dapat menjadi satu langkah awal untuk memiliki gaya hidup hemat energi di keluarga Anda. Pemakaian LHE cenderung lebih efisien dalam mengonversi energi listrik menjadi cahaya bukan membuangnya menjadi energi panas, serta memiliki pencahayaan yang lima kali lebih terang dibandingkan lampu pijar atau neon.
Jadikan juga kebiasaan di dalam keluarga Anda untuk mematikan lampu pada saat siang hari, maksimalkan pencahayaan di dalam tempat tinggal melalui bukaan. Anda juga dapat menyiasatinya dengan mengganti beberapa genteng di rumah Anda dengan bahan fiberglass lalu letakkan kaca tepat di bawah fiberglass sehingga dapat membantu memantulkan cahaya matahari ke dalam ruangan.
Sesuaikan jenis lampu yang digunakan dengan kebutuhan pencahayaan pada setiap ruangan. Misalnya Anda dapat menggunakan lampu hemat energi dengan daya yang lebih kecil untuk kamar tidur lalu memilih daya yang lebih besar pada ruang baca. Jangan ragu untuk segera mengganti lampu yang nyalanya mulai redup dengan lampu yang baru karena daya listrik yang dikonsumsi sama besarnya bagi rumah Anda.

0 komentar:

Posting Komentar