Senin, 27 Februari 2012

MANFAAT DAUN PANDAN

JIKA Anda menyukai makanan manis bersantan, Anda pasti sering menemukan aroma daun pandan yang khas.
Daun pandan yang memiliki kandungan alkaloida, saponim, flavonoida, tanin, polifenol, dan zat warna alami umumnya digunakan sebagai penambah aroma pada makanan.
Selain bermanfaat sebagai penambah aroma, daun hijau yang satu ini juga banyak digunakan dalam beberapa pengobatan tradisional. Berikut adalah beberapa daftar jenis pengobatan dengan pandan wangi.

1. Rematik dan pegal linu. Siapkan 3 lembar daun pandan segar. Cuci bersih kemudian iris tipis-tipis. Campurkan setengah cangkir minyak kelapa yang telah dipanaskan sebelumnya. Setelah dingin, aplikasikan ke dalam bagian yang sakit dengan cara diberi pijatan perlahan.

2. Lemah saraf. Cuci dan iris halus 3 lembar daun pandan yang masih segar. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa kira-kira 2 gelas. Setelah dingin, saring ramuan tersebut kemudian konsumsi setiap pagi dan sore, masing-masing 1 gelas.

3. Menghitamkan rambut. Cuci bersih dan potong-potong 7 lembar daun pandan. Rebus dengan 1 liter air hingga airnya berubah warna menjadi hijau. Simpan hingga keesokan harinya. Kemudian, tambahkan ramuan air pandan tersebut dengan perasan 3 buah mengkudu. Aplikasikan pada rambut Anda. Diamkan sampai 10 menit, dan bilas dengan air bersih.

4. Ketombe. Tidak berbeda jauh dengan resep untuk menghitamkan rambut. Untuk menghilangkan ketombe, Anda cukup menyiapkan 7 lembar daun pandan yang dicuci bersih dan digiling halus. Tambahkan setengah cangkir air bersih sambil diremas. Kemudian peras dan saring air daun pandan tersebut. Oleskan pada kulit yang berketombe. Diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.



0 komentar:

Posting Komentar