Sabtu, 07 April 2012

MEMBACA LABEL MAKANAN BISA MEMBUAT TUBUH LANGSING

Seringkali orang yang berbelanja makanan , langsung mengambil makanan tersebut tanpa membaca labelnya terlebih dahulu. Namun justru Menurut sebuah studi, kebiasaan memeriksa label makanan membuat orang Langsing, terutama perempuan,
lebih kurus sampai 4 kilogram. Dalam penelitian ini, tim menganalisis lebih dari 25.000 observasi kesehatan, serta kebiasaan makan dan belanja dari survei kesehatan nasional Amerika Serikat. Data penelitian yang dikumpulkan mencakup informasi mengenai apakah orang membaca informasi produk makanan di supermarket dan seberapa sering mereka melakukannya.

“Pertama, kami menganalisis orang yang membaca label nutrisi saat membeli makanan, lalu kami menghubungkannya dengan berat badan mereka,” ujar pimpinan penelitian, Maria Loureiro, dari Universitas Santiago de Compostela di Spanyol.

Studi yang dipublikasikan dalam journal Agricultural Economics itu menemukan perbedaan besar antara orang yang terbiasa membaca label makanan dan yang tidak. Seperti diketahui, label pada produk makanan memberikan informasi kepada konsumen mengenai berapa banyak kalori yang terkandung dalam porsi makanan, juga kadar sodium, lemak, gula, protein, serat, vitamin, dan mineral.

Catatan para peneliti, para perokok sangat sedikit memberi perhatian akan pentingnya nutrisi pada produk makanan. Orang yang tinggal di kota paling waspada untuk urusan yang satu ini. Mereka yang berpendidikan tinggi sampai perguruan tinggi juga peduli terhadap label nutrisi makanan. Sebanyak 74 persen wanita lebih sering membaca label nutrisi makanan, sementara pada pria hanya 58 persen.

“Rata-rata wanita yang membaca informasi nutrisi memiliki indeks massa tubuh 1,48 poin lebih rendah. Pada pria pengaruhnya 0,12 poin. Informasi ini dapat digunakan sebagai mekanisme mencegah obesitas,” ujar Loureiro.

Hal tak terduga ini patut untuk di coba dan diterapkan. Karna tak ada pekerjaan itu yang tak bermanfaat, sekecil apapun itu.

0 komentar:

Posting Komentar