Selasa, 24 April 2012

TINTA TATO SUMBER INFEKSI

Wabah dari infeksi tato yang sudah mengenai 19 orang di kota New York ternyata berasal dari sumber yang mereka tidak diduga, yakni dari tinta tato.
Akibat dari infeksi tersebut, orang yang dibuat tato mengalami gatal, dan juga kulit yang baru mereka tato juga menjadi melepuh.
Infeksi penyakit kulit akibat tindakan tato bukanlah hal yang baru. Hepatitis, juga infeksi staph, bahkan ada bakteri yang super yang cukup dikenal sebagai MRSA juga terkait dengan adanya tato. Jarum yang sudah tidak steril serta dengan kondisi yang tidak higienis juga menyebabkan penularan penyakit.

Akan tetapi wabah dari infeksi kulit yang juga ditemukan di New York, Amerika Serikat, memang dialami oleh mereka yang akan membuat tato dan menggunakan peralatan yang steril. Seniman dari tato juga akan menggunakan sarung tangan pada saat melakukan pekerjaannya.

Karena hal itu, dugaan sangat kuat akibat infeksi tersebut yakni berasal dari tinta tato yang belum terkontaminasi bakteri.

“Tindakan dari membuat tato yang tidak sepenuhnya aman, dan bahkan meski kita sudah akan membuatnya di tempat yang memang tidak higienis,” kata dari dr Byron Kennedey, Deputi Direktur Departemen Kesehatan di New York.

Di dalam satu tahun terakhir, mereka sudah dilaporkan adanya 22 kasus dan juga 30 kasus yang mereka duga sudah merupakan infeksi kulit akibat dari pembuatan tato. Infeksi tersebut memang terkait dengan tinta tato atau juga air yang mereka pakai untuk mengencerkan tinta. Dan Oleh karenanya, para seniman tato dan juga pembuat tinta disarankan hanya boleh memakai air yang steril dalam mengencerkan tinta.

Makin seringnya adanya laporan akan penularan penyakit akibat tato memang terjadi karena adanya popularitas tato yang semakin terus meningkat.

Infeksi ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium chelonae. Yakni Bakteri ini bisa saja menyebabkan rasa gatal dan juga nyeri serta kulit bisa melepuh. Pengobatannya juga memerlukan waktu satu bulan dan memang harus menggunakan antibiotik.

Bakteri itu biasanya terdapat di dalam air keran yang dipakai oleh para seniman tato untuk bisa mencerahkan warna hitam tinta. Pada saat ini tinta dari tato yang memang banyak dipakai untuk bisa memberi efek bayangan pada gambar tato tersebut memang sudah ditarik dari peredarannya.


0 komentar:

Posting Komentar