Kamis, 28 Juni 2012

MAFAAT JAMBU BOL

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan  : Plantae
Divisi        : Magnoliophyta
Kelas       : Magnoliopsida
Ordo        : Myrtales
Famili       : Myrtaceae
Genus      : Syzygium
Spesies    : S. malaccense
Nama binomial Syzygium malaccense
Jambu bol disebut juga jambu kepal atau jambu merah atau jambu bol jamaika, buah jambu ini mempunyai tekstur daging yang lebih lembut dan lebih padat dibandingkan dengan jambu air. Disebut jambu bol, mungkin saya menganggap bentuknya yang menyerupai bool (bahasa Sunda) yang berarti (maaf) “pantat”.
Pohon yang tidak seberapa tinggi, hingga sekitar 15 m. Batang lurus, gemangnya hingga 20-45 cm, bercabang rendah dan bertajuk rimbun padat sampai membulat, memberikan naungan yang berat.
Daun tunggal terletak berhadapan, dengan tangkai pendek 1-1,5 cm, yang tebal dan kemerahan ketika muda. Helaian daun lonjong menjorong, 15-38 x 7-20 cm, tebal agak kaku seperti jangat.
Karangan bunga muncul pada bagian ranting yang tak berdaun (sering pula pada cabang dekat batang utama), bertangkai pendek dan menggerombol, berisi 1-12 kuntum. Bunga merah agak ungu atau jambon, berbilangan 4, bergaris tengah 5-7 cm; tabung kelopak panjang 1,5-2 cm; helai mahkota merah, lonjong, bundar telur atau bundar, 1,5-2 cm; benang sari banyak, panjang s/d 3,5 cm; panjang tangkai putik 3-4,5 cm.
Buah buni berbentuk bulat sampai menjorong, dengan garis tengah 5-8 cm, merah tua, kuning keunguan, atau keputihan. Daging buah padat, tebal 0,5-2,5 cm, putih dengan banyak sari buah dan wangi yang khas, asam manis sampai manis. Bijinya sebutir, bulat kecoklatan, berdiamater 2,5-3,5 cm.

Kandungan gizi Buah Jambu Bol
Serat, kalsium, fosfor, vitamin A, tiamin, riboflavin, asam askorbat, niacin.

Manfaat / Khasiat  Buah Jambu Bol
Meskipun belum ada penelitian medis, Jambu Bol dipercaya dapat mengatasi sembelit, diabetes, batuk, sakit kepala, dan radang selaput lendir pada saluran napas. Sedangkan biji, kulit kayu, dan daunnya memiliki sifat antibiotika dan memiliki efek terhadap tekanan darah dan pernapasan.


0 komentar:

Posting Komentar