Sabtu, 30 Juni 2012

MANFAAT BUAH CERI

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan    : Plantae
Divisi : Tumbuhan berbiji
Upadivisi         : Tumbuhan berbiji tertutup
Kelas : Tumbuhan berkeping satu
Ordo : Rosales
Famili : Rosaceae
Upafamili         : Prunoideae
Genus : Prunus
Upagenus : Cerasus
Ceri adalah sejenis tumbuhan dan buahnya yang berasal dari genus prunus. Ada berbagai spesies ceri, diantaranya P. cerasus, P. avium, P. emarginata, dan lain – lain.
Produksi diseluruh dunia saat ini 3 juta ton per tahun. Selain itu bunga ceri juga dijadikan hiasan. Buah ceri mengandung anthocyanin, yaitu pigmen warna merah yang baik untuk kesehatan karena merupakan antioksidan. Dijelaskan pula anthocyanin memiliki efek yang lebih bagus dibandingkan dengan aspirin sebagai obat pencegah rasa sakit. Tetapi ceri tidak boleh diolah dengan suhu terlalu panas karena bisa menghilangkan anthocyanin yang dikandungnya. Selain itu bagi mereka yang memiliki gangguan pencernaan harus hati – hati karena ceri mengandung zat asam yang juga tinggi.
Selain sebagai tanaman obat, pohon antipikun ini juga ditanam sebagai penghias taman. Didaerah beriklim empat, saat yang paling cantik dari penampilan pohon itu ialah akhir musim gugur, ketika daunnya yang hijau berubah kuning mentega yang cemerlang.
Manfaat / Khasiat Buah Ceri.

Adapun   Manfaat Buah ceri adalah sebagai berikut :

1. Anti-inflamasi
Ceri memang dikenal sebagai anti-inflamasi yang kuat. Hal itu dikarenakan kandungan anthocyanin dalam ceri yang bisa mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

2. Arthritis
Menurut Arthritis Foundation, minum jus ceri sebanyak tiga kali dalam sehari bisa menyembuhkan radang sendi. Sekali lagi, ini disebabkan oleh peran ceri sebagai anti-inflamasi.

3. Kesehatan jantung
Sebuah studi di Universitas Michigan menemukan konsumsi ceri bisa menurunkan semua risiko penyakit jantung, termasuk peradangan, lemak tubuh, dan kolesterol.

4. Anti-kanker
Para peneliti telah menemukan kandungan antioksidan yang tinggi, yang disebut cyanidin, dalam ceri sangat ampuh untuk melawan kanker.

5. Meningkatkan memori atau ingatan
Ceri mengandung antosianin yang sangat baik untuk otak dan dapatmeningkatkan memori atau ingatan secara signifikan.

6. Kandungan beta karoten
Ceri memiliki kandungan beta karoten yang paling tinggi, yakni 19 kali lebih besar dari blueberry atau stroberi.

7. Obat tidur alami
Ceri mengandung melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur tubuh. Maka dari itu, makan ceri bisa meningkatkan siklus tidur yang baik. Alhasil, tubuh pun menjadi lebih bugar dan sehat.


0 komentar:

Posting Komentar