Sabtu, 30 Juni 2012

MANFAAT BUAH MAJA

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Upakelas  : Rosidae
Ordo : Sapindales
Famili : Rutaceae
Genus : Aegle
Spesies : A. marmelos

Buah Maja, Antara Manfaat Buah Maja dan Legenda. Buah Maja, selain bermanfaat juga sarat legenda. 
Lain dari pada itu, Buah Maja juga dikaitkan dengan nama sebuah kerajaan di Indonesia yang dikenal seantero dunia, yakni Majapahit. Disebutkan bahwa buah maja ini berasa pahit. 
Buah maja Aegle marmelos, berbentuk bulat agak lonjong, dengan tonjolan di bagian pangkalnya, kulit halus, berwarna cokelat gelap. Diameter buah antara 5 sd. 12 cm. Sepintas, buah maja tampak mirip dengan kawista. Bedanya, buah kawista berbentuk bulat sempurna, bagian pangkalnya tidak menonjol, kulit buahnya kasar, dan warnanya abu-abu. Dua tanaman ini memang masih sama-sama famili Rutaceae. Buah maja maupun kawista juga bertempurung sangat keras. Tekstur buah serta bijinya maja juga mirip kawista. Di Pakistan, India, Srilanka, Nepal dan Bngladesh, maja merupakan buah yang cukup penting.
Di negara-negara tadi, daging buah maja biasa dikonsumsi sebagai sharbat. Ini adalah minuman tradisional, terdiri dari daging buah yang dihancurkan, dicampur dengan air, gula (atau sirup) dan es. Pucuk maja juga merupakan sayuran yang populer. Dalam ilmu pengobatan tradisional India (ayurvedic), maja dipercaya bisa mengobati gangguan pencernaan, dan demam. Dalam tradisi Hindu, maja merupakan tumbuhan “titisan” Hyang Syiwa. Hingga tanaman maja selalu ada di halaman pura Hindu. Selain pucuknya untuk sayuran, daun maja juga merupakan perangkat ritual hindu yang cukup penting.



0 komentar:

Posting Komentar