Jumat, 29 Juni 2012

MANFAAT JAMBU METE.MONYET

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan : Plantae
Ordo       : Sapindales
Famili      : Anacardiaceae
Genus      : Anacardium
Spesies    : A. occidentale

Jambu monyet ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan. Jambu ini banyak mengandung senyawa kimia yang bermanfaat sebagai antibakteri dan antiseptic, seperti tanim anacardic acid dan cordol. Selain itu daunnya yang masih muda mengandung vitamin A, C, kalori protein, lemak kalsium, fosfor besi dan air.
Selain buahnya bisa dijadikan cemilan pohon jambu ini sangat bermanfaat untuk megobati berbagai penyakit. Berikut adalah khasit jambu mete terhadap penyembuhan berbagai penyakit :

1. Disentri
Bahan : 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batang jambu monyet
Cara Membuat : kedua bahan tersebut direbus bersama dengan ½ liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara Menggunakan : diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

2. Diabetes Melitus
Bahan : 2 potong kulit batang jambu monyet dan adas pulawaras secukupnya
Cara Membuat : kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara Menggunakan : diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

3. Mengobati Pegal Linu
Caranya : Cuci bersih 10 g daun jambu mete muda dan 7 g kencur. Kemudian tumbuk dan tambahkan 110 ml air hangat, saring dan minum airnya.

4. Radang Mulut
Bahan : 1 genggam daun jambu monyet dan 1 potong kulit batang jambu monyet
Cara Membuat : kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara Menggunakan : diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

Berbagai macam penyakit kulit seperti panu,kadas,kurap sudah tidak asing lagi di masyarakat indonesia. Berikut ini beberapa obat tradisional yang sering digunakan untuk pengobatan penyakit kulit.:
1. KUDIS,GATAL-GATAL
Untuk pengobatan luar cukup ambil daun,kulit,batang atau akar salam seperlunya. Cuci bersih,lalu giling halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Balutkan ketempat yang gatal,kemudian dibalut.

2. BOROK,LUKA,DAN KUTIL
Olesi dengan getah buah jambu monyet atau jambu mete selama beberapa hari sampai luka mengering.
Untuk kutil,petiklah 5 lembar daun dewa,tumbuk daun hingga halus. Lumurkan daun yang telah halus pada tempat yang berkutil,buatlah sampai merekat,biarkan sampai satu hari dan lepas keseokan harinya.

3. RAGAM PENYAKIT KULIT
Bagi penderita penyakit kulit,gatal2 dan luka2,ramuan yang harus diracik adalah daun biduri dan minyak kelapa secukupnya. Daun itu diolesi minyak kelapa,lalu dilayukan duatas pengapian.Setelah itu,daun ditempel kebagian kulit yang luka atau gatal,sebelum diobati,kulit yang luka dicuci dulu dengan air hangat atao al





0 komentar:

Posting Komentar