Sabtu, 07 Juli 2012

BAGIAN TUBUH MANUSIA YANG MEMILIKI PERAN PENTING

Pada dasarnya manusia terbentuk dari berbagai organ tubuh, ada beberapa organ dalam tubuh manusia yang tidak boleh terlewatkan. 
Bagian dalam tubuh manusia terdiri dari jantung, ginjal, empedu, usus, paru paru dan lain lain, sedangkan bagian luar tubuh adalah kepala, tangan, bahu, kaki dan lain lain. Semua organ tersebut tentu saja memiliki peranan perenan yang berbeda.
Beberapa bagian tubuh manusia yang berada dibagian dalam beserta fungsinya :
1. Jantung
Jantung merupakan bagian yang penting bagi manusia, jantung dalam bahasa latin di sebut cor. Jantung adalah salah satu organ yang berperan sebagai sistem peredaran darah. Jantung juga berfungsi sebagai pemompa darah.
2. Ginjal
Ginjal merupakan organ tubuh yang beberbentuk seperi kacang. Ilmu yang memepelajari tentang ginjal di sebut dengan nefrologi. Ginjal berfungsi sebagai penyaring kotoran yang kemudian di buang dalam bentuk urin.
3. Hati
Para remaja sering menyebutkan istilah ini. Sering menyebut nama hati, namun belum tentu mereka mengetahui manfaat hati. Hati merupakn organ dalam manusia yang berperan penting sebagai metabolisme. Tidak hanya itu jantung juga memiliki beberapa fungsi lainnya seperti menyimpan glikosen, dan juga penetralan obat.
4. Paru paru
Mungkin hampir semua orang menetahui fungsi dari orang tubuh manusia bagian dalam yang satu ini. Untuk bernafas, benar! Paru paru memiliki fungsi sebagai sistem pernafasan atau di sebut respirasi. Saat kita bernafas, paru paru bekerja untuk mendapstkan oksegen dan mengeluarkan karbon dioksida. Jadi organ tubuh yang satu ini sangat sangat penting, oleh karena itu, sebaiknya kita benar benar menjaga paru paru.
5. Usus
Usus merupakan bagian tubuh manusia yang berbentuk panjang, dan mirip cacing. Usus memiliki 2 jenis, yaitu usus 12 jari dan usus halus. Usus berfungsi sebagai penyerap air, dan juga sebagai penghantar makanan menuju anus.



0 komentar:

Posting Komentar