follow

MOTTO

JAGALAH KESEHATAN MU SEBELUM DATANG SAKIT MU.

ADD MARGARETA PHOBIA

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn Email

TEMAN BLOGGER

JUMLAH FOLLOWER

KOMENTAR TWITTER

CHAT BOX MARGARETA

FOLLOW DENGAN EMAIL

Login Form

JUMLAH TAYANG

PENGUNJUNG

Diberdayakan oleh Blogger.

JAM DIGITAL

LIKE ARTIKEL

Rabu, 03 Oktober 2012
Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bahan makanan yang berasal dari daging kambing, daging sapi, ataupun daging ayam, bisa jadi salah satu makanan yang disebutkan tadi adalah makanan favorit Anda. Tapi, pernahkah Anda mencoba makanan yang bahan dasarnya berasal dari daging kuda?


Ya, daging kuda memang masih terdengar asing di tengah masyarakat Indonesia yang hanya sebagian kecil saja mengkonsumsi daging kuda ini. Namun, bagi sebagian orang yang sudah terbiasa memakan makanan ini ini berpendapat bahwa daging kuda terasa enak dan kaya akan gizi. 
Daging Kuda -  Halal Atau Haram?

Masing jarangnya daging kuda dikonsumsi salah satunya dikarenakan masyarakat masih ragu akan kejelasan status dari daging kuda ini. Dalam benak mereka masih ada pertanyaan dan pertimbangan seputar status kuda yang dimakan dagingnya. Halal atau haramkah kuda yang dimakan dagingnya ini?

Perhatikan hadits berikut:

"Abu Dawud dan Nasa’i meriwayatkan bahwa suatu hari Nabi saw bersama para sahabatnya memakan daging kuda dan melarang para sahabat untuk memakan daging keledai (Humur Al-Ahliyah)."

"Daar Al-Quthni meriwayatkan bahwa para sahabat pernah memakan daging kuda serta meminum susunya, hal ini terjadi ketika mereka sedang melakukan perjalanan bersama Nabi."

“Asma' binti Abu bakar berkata: "Pada zaman Nabi saw kita pernah menyembelih seekor kuda dan ketika itu kami berada di Madinah dan kemudian kami memakannya. (Mutafaq 'alaihi).

Hadits merupakan suatu perbuatan yang dilakukan oleh Rasulullah Saw. Bagi umat Islam, hadits ini dipakai untuk menentukan suatu perkara yang masih belum jelas keberadaannya. Contohnya dalam hal mengenai kuda yang dimakan dagingnya tadi. Nah, dari hadis itulah diketahui bahwasanya pada zaman dahulu pun Rasulullah pernah memakan daging kuda, berarti dagingnya kuda tersebut halal untuk dimakan. 
Daging Kuda - Ciri-Ciri Dagingnya

Anda pasti sudah mengenali jenis daging-daging yang biasa Anda konsumsi, ciri tersebut bisa Anda kenali mulai dari warna, bau, ataupun tekstur dari jenis daging tersebut. Begitu pun juga dengan dagingnya kuda, terdapat ciri-ciri khusus yang harus kita kenali dari daging kuda, yaitu:

1. Warnanya sangat merah menyerupai daging sapi.

2. Jika dimasak daging kuda ini rasanya manis dan sangat empuk.

3. Dagingnya kuda memiliki kandungan gizi yang tinggi yaitu banyak mengandung protein.

4. Rendah lemak.

5. Serabut otot besar dan panjang, konsistensi padat, diantara serabut tidak ditemukan lemak.

6. Lemak berwarna kuning emas dengan konsistensi lembek.

Manfaat Daging Kuda 
Dagingnya kuda ini mempunyai manfaat yang sangat banyak karena banyak mengandung protein. Daging kuda ini tidak membahayakan bagi kesehatan, justru daging ini akan memberi banyak manfaat untuk kesehatan kita, seperti:

1. Menyembuhkan pegal-pegal, linu, dan rematik.

2. Menyembuhkan penyakit asma.

3. Menyembuhkan kaligata.

4. Menyembuhkan epilepsi.

5. Menambah vitalitas tubuh.



0 komentar:

KOMENTAR ANDA

PENCARIAN

Memuat...

GANTI BAHASA

PERNAK-PERNIK ISI RUMAH

INFO TERBARU

Loading...