Sabtu, 15 Januari 2011

MANFAAT IKAN KERAPU

Ikan Kerapu asal Sulawesi Utara (Sulut) sangat diminati Negara Asia khususnya Hongkong dengan membeli produk perikanan yang satu ini seharga Rp400 ribu per kilogram(kg).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut, Happy Korah mengatakan produk perikanan khususnya ikan keparu ini sangat diminati oleh pasar internasional. “Tahun 2012, pemerintah Sulut akan mengoptimalkan pengembangan budidaya ikan kerapu karena harga jual ikan tersebut yang sangat mahal,” ujar Korah kepada wartawan CyberSulut, Selasa (27/12) di Manado.
Katanya, ikan kerapu khususnya jenis tikut, dibeli di tingkat jaring nelayan hingga Rp400 ribu per kilogram (Kg), harga tersebut merupakan dasar kuat bagi pemerintah daerah untuk memprogramkan pengembangan dalam tahun 2012 mendatang.
Lanjut ia katakana, bila pengembangan ikan kerapu ini berhasil, maka diharapkan akan mampu mendorong selain produksi ikan budidaya meningkat, juga kesejahteraan nelayan tercipta.
"Sudah menjadi rahasia umum bahwa kesejahteraan nelayan masih menjadi persoalan bagi bangsa ini, karena pendapatan yang mereka terima belum sebanding dengan pengeluaran rumah tangga," katanya.
Kepala Bidang Perikanan Budidaya DKP Sulut, Ir Erni Tumundo mengatakan, ikan kerapu merupakan salah satu jenis yang ditargetkan dikembangkan lebih luas di Sulut untuk perikanan air laut.
"Untuk ikan air tawar, pemerintah menargetkan pengembangan ikan nila dan mas, sedangkan di perairan laut yakni ikan kerapu,"kata Erni.
Jenis ikan kerapu memang bermacam-macam, karena itu pemerintah daerah, katanya, memilih jenis yang paling banyak dicari pasar ditandai harga jual paling tinggi.
Pengembangan ikan kerapu ini, kata Erni, maka pemerintah membantu fasilitasi pembuatan beberapa keramba miliki nelayan, dengan tujuan mendorong produksi budidaya kerapu dapat berjalan lancar.
Ditambahkannya, saat ikan keramba kerapu sudah ada di Kabupaten Minahasa Utara(Minut), Kabupaten Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow Timur, Siau Tagulandang dan Biaro (Sitaro) dan beberapa daerah lainnya," kata Erni.


0 komentar:

Posting Komentar