Selasa, 15 November 2011

Warna Hangat Cat tembok Untuk Interior Rumah

Dalam psikologi warna dibagi menjadi dua kelompok utama yaitu Warna Panas dan Warna Dingin. Kelompok warna dingin cenderung membuat tampilan interior rumah Anda terasa dingin, sejuk dan lebih moderen. Sedangkan kelompok warna hangat cat tembok akan membuat tampilan hunian Anda terasa lebih ramah, hangat dan cenderung tradisional.
Psikologi warna ini penting untuk Anda ketahui agar tema serta suasana dekorasi yang Anda impikan dapat terwujud pada tempat tinggal Anda. Untuk kelompok warna dingin akan coba kita bahas pada artikel yang lain, sedangkan kali ini kita akan coba menguraikan kelompok warna – warna hangat yang sesuai untuk dekorasi di tempat tinggal Anda.

1. Merah
Ada begitu banyak jenis warna merah pada spektrum warna, mayoritas kelompok warna merah digolongkan dalam kelompok warna panas, meskipun ada beberapa jenis warna merah yang masuk dalam kategori warna dingin. Warna merah yang sering digunakan untuk pengecatan ruangan di dalam rumah antara lain merah hangat (warna merah dengan campuran warna kecoklatan atau oranye), burgundy tua, merah darah. Warna-warna ini sangat cocok jika digunakan sebagai warna aksen pada sebuah dinding atau untuk ruang kerja dan ruang makan.

2. Oranye
Warna ini sebenarnya merupakan warna tengah antara warna merah dan warna kuning. Seringkali disebut juga warna jeruk. Warna oranye cerah, oranye labu, Tuscany serta warna oranye dengan campuran warna keemasan sengat cocok jika Anda aplikasikan pada ruangan dapur, ruang keluarga dan ruang makan.

3. Kuning
Simbolisasi yang sering digunakan dengan warna ini adalah sukacita, kebahagiaan serta sinar matahari. Warna kuning mentega, kuning lemon serta kuning telur akan terasa membuat sebuah ruangan dapur dan kamar tidur terasa lebih hidup serta berkesan segar.

4. Hijau Tua
Banyak orang yang menyangka bahwa setiap warna hijau itu selalu berkesan dingin padahal ada jenis warna hijau yang lebih cocok jika dikatakan warna hangat. Warna hijau tua seperti juga warna ungu, saat digunakan untuk sebuah kamar tidur dan dapur maka akan menimbulkan efek kedamaian dan segar.

5. Pink (Merah muda)
Seperti warna hijau, ada pink hangat dan pink dingin. Warna pink hangat lebih cenderung kuat campuran warna oranye. Suasana yang ditimbulkan adalah perasaan riang dan menyenangkan, sangat cocok untuk dekorasi kamar tidur remaja putri, selain itu dapat juga digunakan untuk ruangan bermain anak – anak balita.

6. Coklat
Hampir sebagian besar jenis warna coklat masuk ke dalam kelompok warna hangat. Anda dapat menggunakan warna coklat sebagai warna pencampur pada sebuah dinding aksen. Padu padankan warna coklat dengan karpet dan furniture yang memiliki warna sama pada sebuah ruangan maka akan semakin memperkuat visual tampilan nuansa hangat di interior rumah Anda. Ada kalanya penggunaan warna cat tembok coklat sebagai warna lis pada sebuah daun pintu dan jendela juga akan mempercantik tempat tinggal Anda.

0 komentar:

Posting Komentar